Rabu, 13 Agustus 2014

Mengejar semangat ^^

Bismillah,
Beberapa waktu yg lalu sempat ada beberapa teman yg tanya dan minta diajari menjahit. Hingga akhirnya terjadi obrolan dan diskusi ringan.
Intinya semua sepakat bilang "ah emang dasarnya mbak aja yg dari keturunan bisa jahit,jadinya mah gampang aja".
Heeyyy...asal tau saja,sebenernya saya juga tergolong baru lho,bener bener baru bisa jahit juga,meskipun ibu saya terbilang cukup mahir dalam dunia jahit menjahit hehe. Jadi dengan tegas saya bilang kalo menjahit,merajut,dan sejenisnya itu bukan penyakit turunan hahaha.
Mungkin kalau sekian persen bakat telah diwariskan,bahasa kerennya genetik gitu,tapi tanpa usaha dan kemauan dari kita yaa imposibble lah kita bisa.
Nah menjawab pertanyaan, "saya harus mulai dari mana?" ,saya jawab " dimulai dengan bismillah" wekeke
Eh beneran,i ini serius. Dengan berdoa akan lebih memantabkan niat kita untuk belajar.
Tipe orang belajar kan ada banyak macem,jadi terlebih dulu kenali gaya belajar anda. Kalau saya cenderung ke visual. Jadi dengan melihat ttorial tutorial yg berupa gambar aja sudah bisa,atau bentuk jadi barangnya saja saya sudah bisa mengira2 cara membuatnya.
Saya itu paling susah kalo model audio,atau mendengar,jadi saya malah agak lemot kalau diajari oleh orang, misal dengan bertemu langsung yg mengharuskan saya mendengarkan penjelasan yg njlimet.
Kalau melihat tutorial biasanya saya menghindari dengan banyak bertanya yang tidak perlu,misal "pelapisnya selain pake busa bisa gak?", karena justru semakin pertanyaan saya itu terjawab maka akan semakin susah saya untuk mencerna maksudnya dan tersugesti untuk mempersulit diri. Jadi kalo d tutor bilangnya busa ya saya akan pake busa. Misalkan saya mau sedikit eksperimen ya saya akan langsung ganti dengan dakron,dan kemudian baru saya evaluasi dan ambil kesimpulan sendiri.
Nah sekarang coba deh di cermati lagi,kira2 anda tipe belajarnya seperti apa?
Gak usah malu untuk mengakui ,setiap orang cara belajarnya beda beda kok. Tujuan mengenali cara belajar ini adalah biar kita lebih mudah dan lebih cepat belajarnya.
Kan bisa runyam tuh andai anda datang kepada saya yg notabene si visual,sementara anda audio...saya menjejeli anda (tsaaahhh bahasa apaan tuh) dengan foto2 tutorial, sementara anda yg audio tentu tidak mudheng dengan itu,anda akan terus bertanya ini apa? Itu diapain? Terus gimana? Mungkin dalam hati saya menggerutu "Yaelaahh gitu doang gak bisa" (karena saya gak tau anda tipe belajarnya gimana).
Sampai sekarang saya juga masih terus belajar,masih banyak eksperimen yg harus dicoba. Gagal itu biasa,berhasil itu luar biasa 😁😁( guayanyaaa yg dapet kata2 ala pak martua
Uppss..anak2
Pertama kali punya mesin jahit suami beberapa kali minta tolong njahit celana yg bolong,atau ganti resleting jaket..alamaakkk dikiranya kalo punya MJ terus kita bisa segalanya kali ya...berbagai alasan sudah saya bilang untuk "menolak halus".
Padahal aslinya saya belom bisa, dikira njahit resleting itu mak ejrek ejreek gitu kali ya 😁
Lama kelamaan kan saya gak enak ati sendiri,masak tiap dimintai tolong selalu ada aja alasannya, yg suruh beli celana baru ajalah,atau lg gak sempet mending ke tukang permak aja,atau MJnya kurang canggih nih yah (sawat pake ulekan)😂
Akhirnya sedikit demi sedikit saya ubek ubek blog orang,berharap nemu seonggok tutorial. Masuk juga di beberapa grup menjahit,meski kebanyakan jadi silent reader aja, yang penting mah ilmunya diserap sebanyak banyak2 nya.
Jangan takut untuk mencoba, banyak praktek, karena teori tanpa praktek ya nonsense.
Dengan banyak belajar akan memacu untuk banyak praktek, dari banyak kesalahan akan lebih membuat kita pintar.

Intinya mah sampe sekarang saya masih belajar kok. agak merinding kalo anda menganggap saya senior wekeke anda tertipuuuuu, eh enggak,saya kesannya berasa tua gitu 😂

Uppss..trio kwek kweknya sudah pada bangun,jd segini aja dulu deh cuap cuap emaknya.
Semoga yg baca tulisan ini pada semangat ya buat belajar 😁
Semangaat 🙌

1 komentar:

  1. Thanks for sharing. Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat pola baju dirumah tanpa harus mengikuti kursus jahit?. Anda bisa memanfaatkan pola baju siap pakai dari Fitinline.

    BalasHapus