Kamis, 13 Maret 2014

Quilt a long (part 3 - end)

Assalamualaikuum... ^^
Gimana nih, masih semangatkah nerusin project quiltnya? Harus semangat dong ya :D
Oke..kita lanjutkan ya..terakhir kemaren sampe pada top quilt, alias lapisan atas
Dalam seni quilting ada 3 macam lapisan, yaitu top, batting (lapisan, bisa berupa dakron, silikon, busa, dll), dan backing (lain lapisan bawah).
Untuk Batting saya menggunakan BUSA LAPIS yang paling tebal, kira2  5mm an kali ya.
Kenapa tidak menggunakan dakron / silikon lembaran??? Karena stok yg ada dirumah cuma tinggal busa lapis yg paling lebar hehehe, lagian sekalian niatnya mau ngabisin bahan aja.
Teman2 boleh menggunakan dakron /  silikon ya :)
Untuk Backing (kain lapisan bawah) saya pake warna hitam motif garis. Ini juga karena stok kain terlebar yg saya punya hahaha
Selanjutnya, kita susun ke 3 lapisan tadi menjadi 1.
Setelah itu lakukan proses Basting, yaitu menjelujur..tujuannya agar ke 3 lapisan tadi tidak bergeser dan bergerak pada waktu di quilt.
(fotonya saya pake punya kak irai, Raihana Mahmud, pas kita inboxan hehe, makasiihhh ilmunya ya kak ^^ )

Basting dilakukan dari arah tengan ke arah luar. tujuannya biar tidak tidak ada kain yg mengkerut / menggumpal di bagian tengah.
Setelah itu lakukan quilting sesuka hati ya ^^
Saya menggunakan hand quilt, alias pake tangan aja. Bagian yg saya quilt adalah tepian aplikasi sebanyak 2 lajur dan pada bagian sashing luar.
Sebenarnya saya kepengen lebih banyak lagi bagian yg di quit, tapi apa mau dikata, keterbatasan fisik :D
Setelah quilting selesai dilakukan ,rapikan tepian busa yg berlebih dan tidak terpakai.
Selanjutnya baru pasang bias binding / bisban.
Lagi2 karena keterbatasan fisik , maklum bumil susah duduk lama :P saya pake cara instan untuk bisbannya.
Tepian kain lapisan bawah (backing) yg masih lumayan lebar , saya lipat kedepan untuk dijadikan bisban.



Ujungnya harus tetep rapi yaa ^^
Naaahh..selesai deh..
Inilah penampakan hasil jadinya ^^
Detail bagian quiltnya :

penampakan bagian belakangnya seperti ini




Akhirnyaaa..alhamdulillah kelar sudah selimutnya :)
Janji pada anak2 juga sudah terpenuhi, sudah tidak ada beban lagi.
Langsung dipake tidur buat anak2 :D
Selimut ini saya dedikasikan buat anak2ku , Aisyah dan Shafiyah. Semoga Jadi anak yang sholih ya nak :*
Disaat bunda hamil 9 bulan ternyata bunda masih sempat membuat sesuatu buat kalian.
Semoga next time bunda tetep punya waktu dan kesehatan untuk tetap berkarya ^^
Tidur nyenyak ya anakku :*





Selamat mencoba ya teman2 ^^ tutorial yang alakadarnya ini semoga bermanfaat.
Jangan takut untuk mencoba, dan jangan menyerah sebelum mencoba
Happy crafting :D



6 komentar: