Minggu, 09 Maret 2014

Quilt a long (part 2)

Assalamualaikuum..haluuu semua, dilanjut lagi ya project selimutnya :)
Kemaren terakhir baru bikin bloknya saja, nah kalau sudah lanjut kita bikin aplikasinya.
Untuk aplikasi bisa dijahit tangan (manual) atau kalau mau cepat bisa jahit mesin.
Kebetulan saya pake jahit mesin ya, pake motif zigzag.
Setelah 9 blok sudah terisi dengan aplikasi, lanjut kita bikin Sashing.
Saya pilih warna putih polos, dengan ukuran 35cm x 5 cm. Buat sebanyak 12 lembar. Ini untuk dipasang di sebelah sisi kanan kiri blok.
Jadinya seperti ini :
Setelah itu lanjut bikin sashing untuk bagian atas dan bawah blok.
Masih memakai kain berwarna putih ya, ukuran 110cm x 5 cm, sebanyak 4 lembar
Setelah dipasang, jadinya seperti ini
Oke, sampai sini selesai sahingnya.
Sekarang untuk berikutnya saya sebut ini sahing 2 (hehehe..maaf ,maklum pemula, saya gak tau step yg ini masih disebut sashing apa gak :P )  mohon koreksinya :D

Untuk sashing 2 ini saya pilih motif polka besar, biar agak ramean dikit :D
ada 4 macam ukuran yg saya pake :
- Kain biru tua : 5cm x 5cm (12 lembar)
- Polka besar : 40cm x 5cm ( 4 lembar)
- Polka besar : 35cm x 5cm (6 lembar)
- polka besar : 30cm x 5cm (2 lembar)

Untuk sashing bagian atas dan bawah project sambung dulu kain ,
 urutannya ( 35cm x 5cm x 30cm x 5cm x 35cm)
Jadinya seperti ini :




Setelah itu pasang sashing bagian samping kanan dan kiri.
Urutan ukurannya : 5cm x 40cm x 5cm x 35cm x 5cm x 40cm x 5cm
Setelah dipasang jadinya seperti ini




Setelah ke 4 sisinya sudah dipasang sashing, lanjut kita bikin Border, sebagai langkah terakhir top quiltnya.
Kain yg saya pake warna putih.
Dengan ukuran :
- 120cm x 7,5cm ( 2 lembar)
- 150cm x 7,5cm (2 lembar)



Pasang yg ukuran 120cm x 7,5cm dibagian atas dan bawah, dan yg ukuran 150cm x 7,5cm dibagian samping kanan dan kiri.
Hasil akhirnya seperti ini

Akhirnyaa..top quiltnya sudah jadiii ^^
Untuk proses pelapisan akan saya post di  Quilt a long part 3 ya.
Semoga bermanfaat, selamat mencoba :D











5 komentar:

  1. Pengen bikin juga, tp menjahit sja blm bisa. Huhuuuuuu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jahitnya lurus doang kok mbak daniezha hehehe, bisa doong ^^ ayoo semangaattt :D

      Hapus
  2. kereen, mbayangin aja menggeh2 susahe, mesti yg bikin sabare pol :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menggeh2 mergo saiya yg bikin ini lg halim mbake hehehehe :D ayo cobain yuk

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus